Pada computer, terdapat 3 komponen utama yang
terlibat dalam proses alur kerja computer secara umum yaitu Prosesor,RAM dan
HDD. Ketiganya dapat kita sebut sebagai komponen utama dalam proses bekerjanya
sebuah komputer. Saat kita pertama kali menyalakan komputerPada komputer,
terdapat 3 komponen utama yang terlibat dalam proses alur kerja computer secara
umum yaitu Processor, RAM dan HDD. Ketiganya dapat kita sebut sebagai komponen
utama dalam proses alur kerja komputer.
Saat kita pertama kali menyalakan sebuah
komputer, maka komponen yang pertama kali bekerja adalah Processor. Processor
berfungsi mengolah data menjadi sebuah informasi, dan untuk melakukan itu
dibutuhkan data yang umumya disimpan didalam HDD.
Tapi proses diatas memiliki satu masalah yang
serius, yaitu perbedaan teknologi antara Processor dan HDD yang membuat
performa keduanya berbeda jauh. Processor merupakan komponen digital yang
bekerja sangat cepat dalam satuan gigabytes/detik, sedangkan HDD merupakan perangkat
mekanis (semi digital) yang bekerja dalam satuan megabytes/detik. Sebagai
perbandingan, pengolahan internal Processor memiliki Clock Speed mencapai 3 GHz
(atau 1/3 miliar per-detik), sedangkan HDD memiliki pengolaham setara dengan
15K (atau 15000 putaran per-menit). Perbedaan performa ini tentu membawa
masalah, karena processor akan terus-menerus membutuhkan pasokan data dari HDD,
tapi HDD selalu terlambat memberikannya.
Untuk itu
diciptakan komponen RAM untuk memperantarai masalah ini. RAM merupakan memori
berkecepatan tinggi karena seluruhnya bekerja dengan proses digital seperti
processor. Dengan RAM, maka data-data yang dibutuhkan processor dengan cepat
bisa diberikan karena berjalan dalam arsitektur bus yang sama dengan Processor
(Front Side Bus). Jadi fungsi RAM adalah jembatan data antara processor dengan
HDD.
Berikut adalah komponen-komponen yang berperan
dalam kinerja computer secara umum :
1.
Storage( memori)
Memori adalah urutan byte yang dinomori (seperti
"sel"), masing-masing berisi sepotong kecil informasi. Informasi ini
mungkin menjadi perintah untuk mengatakan pada komputer apa yang harus
dilakukan. Sel mungkin berisi data yang diperlukan komputer untuk melakukan
suatu perintah. Setiap slot mungkin berisi salah satu, dan apa yang sekarang menjadi
data mungkin saja kemudian menjadi perintah.
Memori
menyimpan berbagai bentuk informasi sebagai angka biner. Informasi yang belum
berbentuk biner akan dipecahkan (encoded) dengan sejumlah instruksi yang
mengubahnya menjadi sebuah angka atau urutan angka-angka. Sebagai contoh: Huruf
F disimpan sebagai angka desimal 70 (atau angka biner) menggunakan salah satu
metode pemecahan. Instruksi yang lebih kompleks bisa digunakan untuk menyimpan
gambar, suara, video, dan berbagai macam informasi. Informasi yang bisa
disimpan dalam satu sell dinamakan sebuah byte.
Secara umum,
memori bisa ditulis kembali lebih jutaan kali - memori dapat diumpamakan
sebagai papan tulis dan kapur yang dapat ditulis dan dihapus kembali, daripada
buku tulis dengan pena yang tidak dapat dihapus.Ukuran masing-masing sel, dan
jumlah sel, berubah secara hebat dari komputer ke komputer, dan teknologi dalam
pembuatan memori sudah berubah secara hebat - dari relay elektromekanik, ke
tabung yang diisi dengan air raksa (dan kemudian pegas) di mana pulsa akustik
terbentuk, sampai matriks magnet permanen, ke setiap transistor, ke sirkuit
terpadu dengan jutaan transistor di atas satu chip silikon.
2.
Pemrosesan (CPU)
Unit Pengolah
Pusat atau CPU berperanan untuk memproses arahan, melaksanakan pengiraan dan
menguruskan laluan informasi menerusi system komputer. Unit atau peranti
pemprosesan juga akan berkomunikasi dengan peranti input , output dan storan
bagi melaksanakan arahan-arahan berkaitan.Contoh sebuah CPU dalam kemasan Ball
Grid Array (BGA) ditampilkan terbalik dengan menunjukkan kaki-kakinya.Dalam
arsitektur von Neumann yang asli, ia menjelaskan sebuah Unit Aritmatika dan
Logika, dan sebuah Unit Kontrol. Dalam komputer-komputer modern, kedua unit ini
terletak dalam satu sirkuit terpadu (IC - Integrated Circuit), yang biasanya
disebut CPU (Central Processing Unit).Unit Aritmatika dan Logika, atau
Arithmetic Logic Unit (ALU), adalah alat yang melakukan pelaksanaan dasar
seperti pelaksanaan aritmatika (tambahan, pengurangan, dan semacamnya),
pelaksanaan logis (AND, OR, NOT), dan pelaksanaan perbandingan (misalnya,
membandingkan isi sebanyak dua slot untuk kesetaraan). Pada unit inilah
dilakukan "kerja" yang nyata.Unit kontrol menyimpan perintah sekarang
yang dilakukan oleh komputer, memerintahkan ALU untuk melaksanaan dan mendapat
kembali informasi (dari memori) yang diperlukan untuk melaksanakan perintah
itu, dan memindahkan kembali hasil ke lokasi memori yang sesuai. Sekali yang
terjadi, unit kontrol pergi ke perintah berikutnya (biasanya ditempatkan di
slot berikutnya, kecuali kalau perintah itu adalah perintah lompatan yang
memberitahukan kepada komputer bahwa perintah berikutnya ditempatkandilokasi
lain).
3.
Input dan hasil
I/O membolehkan
komputer mendapatkan informasi dari dunia luar, dan menaruh hasil kerjanya di
sana, dapat berbentuk fisik (hardcopy) atau non fisik (softcopy). Ada berbagai
macam alat I/O, dari yang akrab keyboard, monitor dan disk drive, ke yang lebih
tidak biasa seperti webcam (kamera web, printer, scanner, dan sebagainya.Yang
dimiliki oleh semua alat masukan biasa ialah bahwa mereka meng-encode
(mengubah) informasi dari suatu macam ke dalam data yang bisa diolah lebih
lanjut oleh sistem komputer digital. Alat output, men-decode data ke dalam
informasi yang bisa dimengerti oleh pemakai komputer. Dalam pengertian ini,
sistem komputer digital adalah contoh sistem pengolah data.
4. Instruksi
Perintah yang
dibicarakan di atas bukan perintah seperti bahasa manusiawi. Komputer hanya
mempunyai dalam jumlah terbatas perintah sederhana yang dirumuskan dengan baik.
Perintah biasa yang dipahami kebanyakan komputer ialah "menyalin isi sel
123, dan tempat tiruan di sel 456", "menambahkan isi sel 666 ke sel
042, dan tempat akibat di sel 013", dan "jika isi sel 999 adalah 0,
perintah berikutnya anda di sel 345".Instruksi diwakili dalam komputer
sebagai nomor - kode untuk "menyalin" mungkin menjadi 001, misalnya.
Suatu himpunan perintah khusus yang didukung oleh komputer tertentu diketahui
sebagai bahasa mesin komputer. Dalam praktiknya, orang biasanya tidak menulis
perintah untuk komputer secara langsung di bahasa mesin tetapi memakai bahasa
pemrograman "tingkat tinggi" yang kemudian diterjemahkan ke dalam
bahasa mesin secara otomatis oleh program komputer khusus (interpreter dan
kompiler). Beberapa bahasa pemrograman berhubungan erat dengan bahasa mesin,
seperti assembler (bahasa tingkat rendah); di sisi lain, bahasa seperti Prolog
didasarkan pada prinsip abstrak yang jauh dari detail pelaksanaan sebenarnya
oleh mesin (bahasa tingkat tinggi)
5. ALU
Komputer
kontemporer menaruh ALU dan unit kontrol ke dalam satu sirkuit terpadu yang
dikenal sebagai Central Processing Unit atau CPU. Biasanya, memori komputer
ditempatkan di atas beberapa sirkuit terpadu yang kecil dekat CPU. Alat yang
menempati sebagian besar ruangan dalam komputer adalah ancilliary sistem
(misalnya, untuk menyediakan tenaga listrik) atau alat I/O.Beberapa komputer
yang lebih besar berbeda dari model di atas di satu hal utama - mereka
mempunyai beberapa CPU dan unit kontrol yang bekerja secara bersamaan. Terlebih
lagi, beberapa komputer, yang dipakai sebagian besar untuk maksud penelitian
dan perkomputeran ilmiah, sudah berbeda secara signifikan dari model di atas,
tetapi mereka sudah menemukan sedikit penggunaan komersial.Fungsi dari komputer
secara prinsip sebenarnya cukup sederhana. Komputer mencapai perintah dan data
dari memorinya. Perintah dilakukan, hasil disimpan, dan perintah berikutnya
dicapai. Prosedur ini berulang sampai komputer dimatikan.
6. Program
Program
komputer adalah daftar besar perintah untuk dilakukan oleh komputer, barangkali
dengan data di dalam tabel. Banyak program komputer berisi jutaan perintah, dan
banyak dari perintah itu dilakukan berulang kali. Sebuah komputer pribadi
modern yang umum (pada tahun 2003) bisa melakukan sekitar 2-3 milyar perintah
dalam sedetik. Komputer tidak mendapat kemampuan luar biasa mereka lewat
kemampuan untuk melakukan perintah kompleks. Tetapi, mereka melakukan jutaan
perintah sederhana yang diatur oleh orang pandai, "programmer."
"Programmer Baik memperkembangkan set-set perintah untuk melakukan tugas
biasa (misalnya, menggambar titik di layar) dan lalu membuat set-set perintah
itu tersedia kepada programmer lain." Dewasa ini, kebanyakan komputer
kelihatannya melakukan beberapa program sekaligus. Ini biasanya diserahkan ke
sebagai multitasking. Pada kenyataannya, CPU melakukan perintah dari satu
program, kemudian setelah beberapa saat, CPU beralih ke program kedua dan
melakukan beberapa perintahnya. Jarak waktu yang kecil ini sering diserahkan ke
sebagai irisan waktu (time-slice). Ini menimbulkan khayal program lipat ganda
yang dilakukan secara bersamaan dengan memberikan waktu CPU di antara program.
Ini mirip bagaimana film adalah rangkaian kilat saja masih membingkaikan.
Sistem operasi adalah program yang biasanya menguasai kali ini membagikan.
7. Sistem operasi
Sistem operasi
ialah semacam gabungan dari potongan kode yang berguna. Ketika semacam kode
komputer dapat dipakai secara bersama oleh beraneka-macam program komputer,
setelah bertahun-tahun, programer akhirnya menmindahkannya ke dalam sistem
operasi.Sistem operasi, menentukan program yang mana dijalankan, kapan, dan
alat yang mana (seperti memori atau I/O) yang mereka gunakan. Sistem operasi
juga memberikan servis kepada program lain, seperti kode (driver) yang
membolehkan programer untuk menulis program untuk suatu mesin tanpa perlu
mengetahui detail dari semua alat elektronik yang terhubung.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar