Jumat, 25 Desember 2015

HARDWERE


Maha Cerdas Allah. Dzat  yang Maha Pemberi Ilmu, dengan rachmat-Nya saya masih dapat berbagi sedikit informasi tentang pengertian hardwere beserta macam-macam pirantinya. Diharapkan dari segenap teman-teman dapat memberi tambahan-tambahan materi atau saran agar materi ini dapat lebih sempurna.
            Pengertian dari hardware atau dalam bahasa indonesia-nya disebut juga dengan nama “perangkat keras” adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba secara langsung atau yang berbentuk nyata .

Penggolongan Hardware
            Berdasarkan fungsinya, perangkat keras komputer dibagi menjadi :
  1. Input Divice (Unit Masukan)
  2. Process Device (Unit Pemrosesan)
  3. Output Device (Unit Keluaran)
  4. Storage Device ( Unit Penyimpanan)
  5. Periferal ( Unit Tambahan)
Berikut pengertian-pengertiannya beserta maam-macam pirantinya
1.    Input Device (Unit Masukan)
Input Device adalah unit yang berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam atau merubah signal analog menjadi signal  data digital kedalam suatu memori dan processor untuk diolah dan di proses guna menghasilkan informasi yang diperlukan.
l  Prinsip kerjanya adl mengubah perintah yg dipahami manusia menjadi bentuk yg dipahami komputer (kode-kode biner).
l  Berikut macam-macam piranti input device
    1. Keyboard
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer.
Fungsi: memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file.
    1. Mouse
Mouse adalah salah unit masukan (input device).
Fungsi: untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat.
    1. Touch Pad
Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari.
Fungsi: Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.
    1. Light Pen
Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.
    1. Joy Stick dan Games Paddle
Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer yang dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.
    1. Barcode
Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka yang biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku.
    1. Scanner
Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer.
    1. Camera Digital
Adalah alat input yang dapat digunakan untuk mengabadikan gambar yang kemudian akan disimpan kedalam memori.
    1. Mikropon & Headphone
Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara.
    1. Graphics Pads
Teknologi Computer Aided Design (CAD) dapat membuat rancangan bangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat dengan menggunakan Graphics Pads. Graphics pads ini merupakan input masukan untuk menggambar objek pada monitor.

2.  Process device (unit Pemrosesan)
Adalah suatu unit sistem komputer yang berfungsi sebagai penerima input yang kemudian akan diolah dan diproses dalam berbagai bentuk keluaran (Output).
a.    RAM (Random Access Memory)
RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory biasanya disebut dengan istilah pendek yaitu Memori. Memory atau RAM merupakan sebuah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara.
b.    Prosesor  (unit pemprosesan)
Pengertian Prosesor, atau biasa disebut dengan CPU, adalah otak dari komputer, Prosesor adalah komponen yang mengeksekusi perhitungan kompleks yang memungkinkan komputer untuk bisa digunakan menjelajah internet, memutar lagu di iTunes, dan menjalankan sistem operasi Anda. Dalam komponen CPU ini terdapat komponen utama yang termasuk perangkat pemrosesan yaitu control unit sebagai pengatur operasi computer, ALU sebagai perangkat yang melakukan operasi aritmatika dan logika berdasar intruksi yang sedanga diproses & Register sebagai perangkat penyimpanan sementara data dan atau intruksi yang sedang diproses.
c.    Motherboard  (unit pemprosesan)
Motherboard atau Papan induk, adalah papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik saling terhubung, motherboard biasa disingkat dengan kata mobo. Pada motherboard inilah perangkat keras seperti Harddisk, ram, prosesor, kartu grafis, dan perangkat keras lain dihubungkan.
d.    Kartu grafis (VGA Card)
VGA card, atau kartu video adalah kartu ekspansi yang berfungsi untuk memproses input, menciptakan dan menampilkan tampilan-tampilan di layar. Kartu grafis ini terdiri dari rangkaian komponen elektronika. Biasanya tertancap pada slot di papan utama CPU pada komputer.

3.   Output device ( Unit keluaran )
Adalah sebuah piranti perangkat keras (Hardware) komputer yang berfungi sebagai alat keluaran  (Output),
a.    Monitor
Monitor komputer adalah salah satu jenis soft-copy device, karena keluarannya adalah berupa signal elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar monitor. Gambar yang tampil adalah hasil pemrosesan data ataupun informasi masukan.
b.    Printer
Printer merupakan sebuah perangkat keras yang dihubungkan pada komputer yang berfungsi untuk menghasilan cetakan baik berupa tulisan ataupun gambar dari komputer pada media kertas atau yang sejenisnya.
c.    Speaker
Sepaker adalah alat pengeras suara pada umumnya, Speaker adalah transduser yang mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio (suara) dengan cara menggetarkan komponennya yang berbentuk selaput.
4.  Storage Device (Perangkat Penyimpanan)
Storage berfungsi untuk penyimpanan data di computer. Satuannya adalah byte. Jenis memory berdasarkan letaknya dibedakan menjadi 2 yaitu
Internal Memory
External Memory
l  Memori yg letaknya ada pada motherboard
l  Data yg akan diproses maupun hasil prosesnya disimpan di memori internal
l  Juga digunakan untuk menyimpan program untuk memproses data
l  Contohnya : RAM dan ROM
l  Tidak terhubung langsung ke motherboard
l  Sifat penyimpanannya permanen
l  Kapasitasnya lebih besar dibanding internal memory

Macam-macam piranti dari perangkat penyimpanan data.
a.       Random Access Memory
·         RAM bertugas menyimpan program dan data sehingga bisa dibaca dan ditulis
·         Semakin besar program-program yg digunakan, maka semakin besar pula ruang RAM yg harus disediakan
·         Bersifat volatile(tergantung ketersediaan arus listrik)
b.      Read Only Memory
l  Menyimpan program yg sifatnya permanen
l  Tidak bergantung pada arus listrik (non-volatile)
l  Biasanya berisi data-data hardware dan diisi oleh pabrik pembuatnya
l  Cth : program Basic Input Output System(BIOS)
BIOS berfungsi mengendalikan perpindahan data antara prosesor dg perangkat lain
c.       Vga card/kartu grafis
l  VGA card atau graphics card mempunyai fungsi untuk menampilkan gambar/video yang diproses atau dihasilkan komputer.
l  Seiring perkembangan teknologi, fungsi graphics card berkembang hingga mencakup beberapa fungsi tambahan, seperti menampillkan gambar/animasi 3D dan melakukan sebagian/seluruh tugas video decoding saat anda menonton video. Semakin besar ukuran layar, semakin besar resolusi. Semakin besar resolusi, semakin banyak pixel yang harus digambar.
d.      Hard Disk
l  Bersifat permanen
l  Kapasitas paling besar diantara perangkat penyimpanan lain
l  Pengukuran kinerja Hard disk
Ø  Data rate : banyaknya byte/detik yg dikirim ke CPU
Ø  Seek time : waktu pencarian data
Ø  Kapasitas
l  Struktur disk
Ø  Terdiri dari beberapa lempengan.
Ø  Masing-masing lempeng memiliki 2 permukaan
*      Tiap permukaan dilapisi lapisan magnetis
*      Tiap permukaan dibagi menjadi track-track
Ø  Kumpulan track membentuk silinder
Ø  Tiap track dibagi menjadi sektor-sektor
*      Sektor adl unit penyimpanan terkecil dalam disk
Ø  Pada tiap permukaan terdapat head utk membaca dan menulis data pada sektor tertentu
*      Head ditempelkan pada disk arm yg berfungsi memindahkan head ke posisi track yg diinginkan
180px-Disk-structure2
                                            

e.       Compact Disc
l  Jenis-jenis CD
Ø  CD-R
Ø  CD-RW
l  Kecepatan pembacaan berbeda-beda
l  Tempat peletakannya disebut CD Drive
f.     Flash Memory
l  Memori komputer yang bersifat non-volatile yang bisa dihapus dan diprogram kembali secara elektrik.
l  Teknologi ini digunakan terutama pada kartu memori dan USB Flash drive
l  USB Flash drive dikenal sebagai pengganti disket
Ø  Bentuknya lebih kecil
Ø  Kapasitas jauh lebih besar


























Tidak ada komentar:

Posting Komentar